Senin, 01 Agustus 2011

Opini tentang IPDN Kampus Kalimantan Barat


MdP. Indi Agung Pratama
NPP. 21.343

IPDN Kampus Kalimantan Barat berlokasi di Jl. Trans Kalimantan KM.11,5. Kabupaten Kubu Raya ini merupakan kampus sementara bagi kampus regional IPDN Kalimantan Barat. Dari lokasi ini menuju pusat kota Pontianak hanya memerlukan waktu kurang lebih 20 menit, jarak menuju bandara Supadio, bandara terdekat yaitu memerlukan waktu 30 menit. Kampus yang sebelumnya bernama kampus IPDN Kubu Raya, atas permintaan dari gubernur Kalimantan Barat yang notabenenya adalah alumni APDN Pontianak berganti nama menjadi kampus IPDN Kalimantan Barat.
             Kampus IPDN Kalimantan Barat saat ini dilengkapi dengan fasilitas yang digunakan sebagai perumahan Direktur IPDN, dosen, pelatih, pengasuh, asrama praja, ruang kelas, poliklinik, aula pertemuan, perkantoran, ruang makan, serta fasilitas lainnya. Dengan fasilitas yang seadanya dapat dimanfatkan para praja untuk menunjang kegiatan pengajaran, pelatihan dan pengasuhan.
            Di kampus IPDN Kalimantan Barat ini tidak hanya mengedepankan pengasuhannya saja, tetapi juga pengajaran dan pelatihan. Dosen-dosen yang menagani masalah pengajaran merupakan orang-orang yang kompeten. Dosen yang mengajar disini banyak yang merupakan guru besar dari Universitas Tanjungpura. Jam pengajaran yang begitu padat membuat para praja untuk bisa mengembangkan kemampuannya di bidang akademik. Selain itu, pelatihan juga sangat ditekankan disini banyak para pelatih didatangkan dari bebagai instansi-instansi pemerintahan. Para pelatih juga banyak yang berasal dari purna praja STPDN. Menza yang tertata rapi dan juga dengan hidangan khas melayu yang disajikan mendukung untuk kegiatan praja di kesatriaan.
            Kegiatan pengasuhan pun ditonjolkan, mulai dari rutinitas praja mulai dari bangun pagi sampai dengan istirahat malam. Kegiatan dimulai dari bangun pagi, lalu tepat pukul 5 dilanjutkan dengan aerobik pagi yang dipimpin langsung oleh praja. Pukul 06.30 dilanjutkan dengan upacara makan pagi. Menza yang tertata rapi dan juga dengan hidangan khas melayu yang disajikan mendukung untuk kegiatan praja di kesatriaan. Apel pagi dimulai pukul 07.00, selanjutnya pukul 07.30 dilanjutkan dengan perkuliahan sampai dengan pukul 12.15. Pukul 12.30 dilanjutkan dengan makan siang, setelah itu apel siang di depan kantor pengasuhan. Pelatihan dimulai pukul 13.30 sampai dengan pukul 15.30, dilanjutkan dengan kegiatan mandiri. Pukul 18.30 makan malam dimulai.selanjutnya pukul 21.00 dilanjutkan dengan apel malam. Pada hari kamis dilakukan rutin pembacaan surat yasin di mushola dan pada jumat siang diadakan lari siang. Kegiatan di kesatriaan ini sangat disiplin sekali yang sangat diperlukan untuk menumbuhkan sikap dan mental pada kader pemerintahan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar