Senin, 01 Agustus 2011

Opini tentang JARLATSUH di IPDN Kampus Sumatera Barat


Reyza Mona Anggrainy
Asdaf KEPRI
IPDN Kampus Sumatera Barat

Menurut saya JarLatSuh di IPDN kampus Sumatera Barat di bidang PENGAJARAN yaitu yang diutamakan adalah intelektual. Setiap praja di ajarkan menggunakan studi dimana praja langsung yang menentukan bagaimana cara belajar, baik itu diskusi,atau public speaking.  Dosen mengajar menggunakan quisioner audio visual/ music,atau game. Setiap praja wajib mempelajari materi sebelum dijelaskan dosen dan setiap 3 kali pertemuan selalu ada quiz. Setiap praja juga di wajibkan hafal Permendagri tentang pemerintah daerah, SKPD, Peraturan Pemerintah dan Undang-Undang. Praja juga diminta untuk mampu menjelaskan materi yang sudah disampaikan oleh dosen serta di setiap sks ada diskusi dan debat pendapat agar adanya sinkronisasi pendapat antara praja dengan penjelasan dari dosen.
Sementara di bidang PELATIHAN adalah setiap praja diajarkan cara menyelesaikan materi dengan metode pendekatann metode studi kasus / masalah serta melalui penerapan langsung. Dosen pelatih Setelah memberikan materi kepada praja, lalu langsung dipraktekan dan dibahas jadi kami disini di tuntut untuk aktif dak kreatif.
Untuk PENGASUHANnya adalah semua kegiatan pengasuhan langsung dari senior serta menggunakan hubungan kolegial. Dengan adanya camat dan lurah yang mengawasi, jadi wewenang antara pengasuh dan senior adlah 50 % : 50 % tanpa adanya gesekan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar