Senin, 01 Agustus 2011

Opini tentang IPDN Kampus Minahasa

IPDN Kampus Manado terletak di Badan Diklat Provinsi Sulawesi Utara, Jalan Walanda Maramis KM. 10, Desa Watutumou, Kecamatan Kalawat, Kabupaten Minahasa Utara, Provinsi Sulawesi Utara 95122. Sesungguhnya IPDN Kampus Manado ini memiliki nomenklatur yang telah diubah menjadi IPDN Kampus Minahasa. Ini dikarenakan gedung permanen yang akan digunakan sebagai kampus tetap berada di Bukit Tampusu, Kabupaten Minahasa. IPDN kampus Minahasa pertama kali ditempati oleh Muda Praja Angkatan XX (yang sekarang sebagai Madya Praja). Kemudian pada tanggal 18 Maret 2011, untuk pertama kali Muda Praja angkatan XXI menempati kampus ini. Madya Praja angkatan XX berjumlah 100 orang sedangkan Muda Praja angkatan XXI berjumlah 98 orang.
Praja regional Manado menyebut diri sebagai Kostraredo (Kontingen Nusantara Regional Manado). Disini yang namanya Kontingenisasi itu  tidak terlalu kental karena disini semua praja seperti saudara kandung, seperti hubungan adik dan kakak. Semua hubungan yang ada antara Muda Praja dan senior berjalan dengan baik , tanpa ada masalah yang merusak hubungan dengan senior.
Satuan Muda Praja Putra menempati wisma yang bernama Lokon yang dimana merupakan sebuah Gunung yang ada di daerah Tomohon.  Sedangkan Muda Wanita Praja menempati wisma yang bernama Mahawu yang juga merupakan nama Gunung yang ada di Tomohon. Sedangkan Madya Praja Putra berada di wisma yang bernama Kelabat yang merupakan nama Kecamatan di Minahasa Utara dan untuk Madya Wanita Praja  memiliki wisma yang bernama Soputan yang merupakan nama Gunung di Minahasa Selatan.
Fasilitas yang tersedia di Kampus memang amat terbatas, dari fasilitas wisma hingga fasilitas olahraga yang amat terbatas. Akan tetapi, dengan keterbatasan tersebut, praja diuji bahkan dituntut untuk sabar dan kreatif dalam menghadapi keadaan yang sangat tidak layak. Memang, kami bukanlah praja “manja” dengan segala fasilitas lengkap dan sarana-prasarana memadai. Tetapi kami sadar, inilah modal kami, untuk menjadi calon pemimpin bangsa yang siap dengan keadaan terburuk sekalipun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar